Kamis, 01 Februari 2018

RANGKAIAN REMOT CONTROL UNTUK LAMPU

Tentu kita sudah tidak asing dengan benda satu ini,banyak peralatan listrik dan peralatan rumah tangga ataupun kendaraan menggunakan remot control untuk menyalakan dan mematikan dari jarak jauh,misalnya remot untuk tv,remot untuk ac remot vcd player dan lain-lain.

Kali ini saya akan bagikan skema rangkaian remot control yang sangat mudah di buat dan component sangat mudah di beli di pasaran dan tentu harga component sangat murah.
Rangkaian remot control ini di bisa di gunakan untuk untuk menyalakan peralatan listrik,misalnya saja lampu listrik,kipas angin,pompa air yang di nyalakan secara manual,dll.

Remot control ini memiliki kemampuan menyalakan alat listrik sampai dengan 10 amphere,akan tetapi lebih baik di gunakan untuk menyalakan peralatan listrik di bawah 10 amphere agar relay lebih awet,karna relay yang di gunakan memiliki kemapuan hanya 10 amphere saja.

Sedangkan untuk IR nya bisa di beli di toko elektronik atau bisa menggunakan IR bekas tv atau bekas dvd,sedangkan component yang lain sangat banyak di pasaran seperti resistor,transistor,condensator,led dan ic.

Menghambat putaran kwh cek di SINI

component yang perlu di siapkan adalah:
IC 1 CD 4017 1 PCS
TRANSISTOR  BC 557 1PCS
TRANSISTOR BC 547 1 PCS
RESISTOR 47 OHM 1 PCS
RESISTOR 220 KILO 1 PCS
RESISTOR 1 KILO 1 PCS
RESISTOR 330 OHM 2 PCS
DIODA 1N4007 1 PCS
LED MERAH 1 PCS
LED HIJAU 1 PCS
RELAY 1 PCS 

Dan berikut skemanya:

Dan berikut adalah vedionya




Tidak ada komentar:

Posting Komentar