Jumat, 02 Februari 2018

Capasitor bank untuk memperbaiki faktor daya listrik bukan alat penghemat listrik

Alat penghemat listrik banyak beredar di pasaran,dengan harga bervareasi yang konon katanya mampu menghemat pemakaian listrik dan maampu menurunkan tagihan pajak listrik hingga 30 persen,alat ini di jual dengan harga yang cukup lumayan mahal,kalu harga sih masih wajar mengingat kapasitornya sendiri juga mahal.
Component utama alat penghemat listrik ini adalah capasitor,yang di pasang secara paralel dengan beban,jadi pemasangan hanya cukup di colokkan ke stop kontak di instalasi listrik di rumah.
Dan sampai saat ini,alat ini masih menjadi perdebatan di masyarakat ada yang pro dan ada yang konta,tapi menurut sumber dari PLN sendiri alat ini tidak bisa menghemat pemakaian listrik.

Sebenarnya fungsi kapasitor dalam kelistrikan untuk apa?
kapasitor di fungsikan untuk mengurangi beban induktif yang di hasilkan oleh alat-alat listrik yang menggunakan lilitan,misalnya pompa air,kulkas,dll.

Sebelum lebih jauh tentang kapasitor untuk listrik,mari kita lihat tentang listrik ac atau listrik bolak-balik,di dalam listrik yang kita gunakan,yaitu listriki yang kita dapatkan dari pln satuannya adalah VA,misalnya saja 450 va,900 va,1300 va dan seterusnya  tapi masih ada persepsi masyarakat yang mengatakan 450 watt,900 watt,1300 watt,sedangkan untuk satuan listrik va dan var jarang di ketahui atau jarang di bicarakan,

Di dalam listrik itu di kenal dengan 3 daya yaitu:
1.Daya semu satuannya va
2.Daya aktif satuannya watt
3.daya reaktif satuannya var
Untuk lebih mudahnya saya akan ibaratkan listrik itu seperti minuman berbusa di dalam gelas,jadi satu gelas penuh yang terdiri dari air dan busa kita sebut va,sedangkan air sebagai watt,sedangkan busanya kita sebut var.

Terkadang kita mendengar ada yang bilang begini,listrik di tempat saya pemakaian belum ada 450 watt tapi mcb sudah njeglek,padahal daya listriknya 450 watt,...???inilah pengertian yang salah di kiranya di dalam listrik 450 va watt ada 450 watt.
kita kembali ke atas ke perumpaan air berbusa di dalam gelas,nah sama seperti itu kira jadi di dalam listrik 450 va bukan semuanya watt tetapi ada var atau daya reaktifnya.
Semakin rendah chosphi nya maka akan semakin buruk kwalitas daya listriknya tapi semakin tinggi nilai chosphinya maka akan semakin baik kwalitas daya listriknya.

chosphi itu apa?listrik yang di hubungkan dengan alat listrik yang bersifat induktif,misalnya pompa air,kulkas,motor2 listrik,maka arusnya akan tertinggal di dalam tegangan,dan besarnya sudut yang tertinggal inilah yang di sebut chosphi,nilai chosphi adalah 0 sampai dengan mendekati 1.jadi misalkan chospinya rendah misalnya 0,50 maka kwalitas listrik akan buruk dan apabila nilai chosphi 0,95 maka kwalitas listrik akan semaikin baik.
Nah untuk untuk memperbaiki faktor daya dan melawan sifat induktif inilah di butuhkan capasitor.

Sekarang kuta gunakan rumus untuk mencari watt di dalam listrik 450 va:
rumus listrik ac adalah:
psemu = v * i
pnyata = v * i * chosphi
dimana  v adalah volt,i adalah arus atau amphere,chosphi adalah faktor daya,psemu dalam satuan va,pnyata dalam satuan watt

jadi di dalam listrik 450 va ada berapa watt?
pnyata = v * i * chosphi (untuk chospi perumahan biasanya 0,85)
pnyata = 220 * 2 * 0,85
pntata = 374 watt
jadi di dalam listrik 450 va dengan chosphi 0,85 maka watt ada 374 watt.
sekarang untuk menaikkan nilai chosphi dari 0,85 dan di harapkan menjadi 0,95  maka di butuhkan kapasitor,sekarang kita hitung lagi.
pnyata = 220 * 2 * 0,95
p nyata = 418 watt
dari sini sudah kelihatan jika dengan menambahkan kapasitor dan memperbaiki chospi faktor daya listrik semakin baik,dari 374 watt naik menjadi 418 watt,sehingga watt akan bertambah.jadi dari listrik 450 va dengan menaikkan chospi akan banyak daya listrik yang dapat kita gunakan.

Jadi intinya capasitor berfungsi untuk memperbaik faktor daya dan bukan sebagai alat penghemat listrik.

Untuk melihat simulasi pengukuran dengan kapasitor bisa di lihat di vedio di bawah ini:


cara pasang ELCB DI SINI






Tidak ada komentar:

Posting Komentar