Rabu, 31 Januari 2018

Cara Tes arde terpasang atau tidak di instalasi listrik

Cara tes arde pada instalasi listrik,apabila kita menempati rumah baru kita tidak mengetahui apakah arde perpasang atau tidak pada instalasi listrik di tempat kita.
jadi untuk memastikan apakah arde terpasang atau tidak kita perlu memeriksa instalasi listriknya yaitu dengan cara melihat di panel listrik apak ada kabel arde,terminal arde,atau kabel arde yang terhubung ke dalam bumi,setelah kita periksa di panel maka selanjutnya kita memeriksa kabel pada instalasi dengan cara mengurut kabel atau membuka di stop kontak untuk memeriksa apakah arde terpasng atau tidak,selanjutnya kita bisa melakukan pengetesan pada setiap stop kontak yang terpasng apakah arde terpasang atau tidak terhubung bumi atau tidak.

Alat yang di butuhkan:
merger arde jika tidak ada multitester digital jika tidak ada multitetster analog/jarum tika tidak ada kita bisa tes dengan menggunakan lampu pijar.

Cara mengetes dengan multitester putar saklar multitester ke ac volt 250 volt selanjutnya tempel probe merah ke setrum gunakan tespen untuk mengetahui letak setrumnya lalu tempelkan probe hitam di arde yaitu pada besi yang nongol keluar pada stop kontak jika jarum bergerak ke arah 200 volt atau kurang sedikit maka bisa di pastikan arde terpasng atau terkonek tapi jarum tidak bergerak atau hanya bergerak sedikit saja maka arde tidak terkonek.

Selanjutnya cara tes dengan lampu pijar pasang lampu pijar pada fitting dan berikan kabel pada fitting selanjutnya tempelkan satu kabel ke strum dan satu kabel ke arde jika lampu menyala walaupun redup maka di pastikan arde terpasang tetapi jika lampu tidak menyala artinya arde tidak terpasang.
tapi cara ini hanya untuk mengetahui apakah arde terpasang atau tidak bukan untuk mengukur arde

untuk lebih jelasnya bisa di cek di vedio di bawah ini:


Tidak ada komentar:

Posting Komentar