Selasa, 30 Januari 2018

Cara membuat soft satrter sederhana

SEKILAS INFO

BLOG INI TERHUBUNG DENGAN CHANEL YOYTUBE DBSELEKTRICAL DAN DALAM WAKTU DEKAT SAYA AKUN MENUTUP CHANEL DBSELEKTRICAL DAN UNTUK MENGETAHUI VEDIO TERBARU TENTANG KELISTRIKAN BISA SUBSCRIBE CHANEL YOUTUBE SAYA YANG BARU DI SAMPING DENGAN CHANEL BUDI SANTOSO


Sofstarter adalah alat listrik yang di fungsikan untuk menghambat arus listrik ke peralatan listrik.
cara kerja soft starter adalah arus listrik akan di hambat dahulu dengan menggunakan hambatan setelah beberapa detik akan di lepas atau di los ke mode normal jadi arus listrik akan di hambat beberapa detik saja,agar arus yang masuk tidak secara tiba-tiba.
Biasanya soft starter di gunakan untuk peralatan motor listrik yang tujuannya adalah di saat motor start atau runing arus akan di tahan dengan hambatan setelah itu akan di lepas ke mode normal.selain untuk penghematan arus listrik soft starter juga di fungsikan agar mcb tidak trip di saat motor start.
kita ketahui bersama bahwa motor listrik di saat runing membutuhkan arus yang lebih besar dari watt yang di perlukan.misalnya pada motor pompa air dengan daya 100 watt maka di saat star bisa lebih dari 200 watt setelah itu akan normal ke 100 watt.

Dan di sini yang akan saya bagikan adalah soft starter yang sangat sederhana untuk mengatasi trip pada mcb kwh.jadi cara kerja dari rangkaian di bawah ini adalah di saat arus masuk maka akan melewati resistor 47 ohm/15 watt dan setelah sekian detik saklar di on maka resistor akan di bypass maka arus sudah tidak lagi melewati resistor akan tetapi melewati saklar.
jadi di sini fungsi saklar bukan sebagai saklar on off melainkan sebagai bypass resistor dengan begitu maka reistor tidak panas.
jika tidak menggunakan saklar maka resistor akan panas dan akan terbakar.

                              SKEMA RANGKAIAN SOFT STARTER SEDERHANA


Untuk lebih jelasnya untuk pembuatannya bisa di lihat di vedio di bawah ini:



Tidak ada komentar:

Posting Komentar